Selasa, 14 Januari 2014

PROFIL PERUSAHAAN PT. ELANG MAHKOTA TEKNOLOGI (Grup EMTEK)


            Perusahaan ini didirikan pada tahun 1983 dengan nama PT Elang Mahkota Teknologi (Grup Emtek) sebagai perusahaan yang menyediakan layanan komputer pribadi. Grup Emtek telah berkembang menjadi kelompok perusahaan modern dan terintegrasi yang memiliki tiga divisi usaha utama, yaitu Media, Telekomunikasi dan Solusi TI, serta Konektivitas.

VISI
Menjadi penyedia hiburan dan informasi terkemuka bagi masyarakat Indonesia dan mitra pilihan dalam layanan penyediaan solusi informasi, komunikasi dan teknologi bagi para pelanggan kami.

MISI
Kami berupaya setiap hari untuk menjadi pilihan utama dalam penyediaan konten berkualitas bagi masyarakat Indonesia dan membangun reputasi sebagai penyedia layanan terpercaya untuk ragam solusi lengkap dalam rangka memenuhi kebutuhan para pelanggan kami.
Kami akan menjadi pilihan utama melalui upaya penyediaan konten yang menarik, pemberian layanan yang unggul dan pengembangan sumber daya manusia kami secara berkelanjutan.
Dengan mewujudkan pencapaian tersebut kami akan menciptakan bisnis yang menguntungkan secara berkelanjutan bagi para pemangku kepentingan kami.

3 DIVISI USAHA UTAMA GRUP EMTEK
Divisi Media meliputi dua saluran televisi tidak berbayar. SCTV merupakan salah satu saluran televisi tidak berbayar terkemuka yang berlingkup nasional dengan jumlah pemirsa lebih dari 160 juta di lebih dari 240 kota di seluruh Indonesia. Sedangkan O-Channel Jakarta menyiarkan acara gaya hidup dan hiburan bagi masyarakat ibukota.

Divisi Solusi menyediakan serangkaian infrastruktur dan jasa informasi dan layanan komunikasi dan informatika dan solusi teknologi untuk industri telekomunikasi, perbankan dan pembayaran ritel, termasuk solusi jasa untuk VSAT terintegrasi, infrastruktur kartu pintar (smart card) dan distribusi ritel dari layanan telekomunikasi.

Divisi Konektivitas mencakup prakarsa-prakarsa baru yang sedang dikembangkan dalam dunia televisi dan layanan internet, termasuk layanan TV digital wireless berbayar untuk kawasan Jakarta dan sekitarnya, dan layanan internet pita lebar nirkabel untuk kawasan Jakarta dan sekitarnya serta Surabaya.



STRUKTUR PERUSAHAAN

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
Per tanggal 31 Desember 2009, Grup Emtek memiliki 2.638 karyawan di seluruh kegiatan operasionalnya, di antaranya 40 orang di kantor Perusahaan Induk sedangkan 2.598 karyawan lain ditempatkan di anak-anak perusahaan.
Grup menyadari bahwa karyawan merupakan basis bagi keberhasilan usaha. Sebagai sebuah kelompok perusahaan, penting bagi seluruh karyawan untuk berperilaku dengan cara yang mencerminkan perilaku Grup secara keseluruhan dan menjunjung tinggi nilai-nilai Grup berupa integritas dan tanggungjawab korporasi.
Grup Emtek berkomitmen untuk merekrut dan mempertahankan tenaga kerja potensial berbakat yang bermotivasi tinggi dan memperoleh imbalan yang sesuai atas prestasi mereka.
Sebagai perusahaan publik yang baru, Grup Emtek mengembangkan Piagam Karyawan sebagai panduan bagi seluruh manajemen dan karyawan di seluruh Grup untuk memastikan bahwa program pengembangan sumber daya manusia kami berjalan seiring dengan tujuan Perseroan.

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN
Seluruh perusahaan dalam Grup Emtek memiliki komitmen untuk berperilaku etis dan berkontribusi terhadap pengembangan ekonomi sekaligus meningkatkan kualitas kehidupan dari para karyawan dan keluarganya, serta masyarakat di sekitarnya.

Grup Emtek, melalui anak-anak perusahaannya, mengambil peran-serta dalam beragam kegiatan sosial. Contohnya adalah Pundi Amal SCTV, sebuah prakarsa amal yang dibentuk SCTV untuk mengelola program-program perbaikan sosial yang mencakup pendidikan, kesehatan dan lingkungan.
·         PENDIDIKAN
Pundi Amal SCTV bekerjasama dengan Indonesia Heritage Foundation dalam pengelolaan program pendidikan melalui pembangunan sekolah dasar yang meliputi 198 daerah terbelakang di seluruh Indonesia. Semua sekolah tersebut memasukkan filosofi Semai Benih Bangsa ke dalam kurikulumnya untuk meningkatkan moralitas dan pembinaan karakter di antara para siswa yang masih muda usia.

·         KESEHATAN DAN LINGKUNGAN
Pundi Amal SCTV pada awalnya dibentuk sebagai layanan sumbangsih sosial untuk meringankan penderitaan pasca-bencana. Pengalaman yang diperoleh melalui kegiatan-kegiatan tersebut kini diterapkan dalam kegiatan amal di daerah-daerah yang serba kekurangan di seluruh Indonesia. Pundi Amal SCTV bekerjasama dengan Obor Berkat Indonesia (OBI) dan Palang Merah Indonesia (PMI) menyelenggarakan layanan kesehatan keliling untuk memberikan bantuan medis serta jasa operasi minor (seperti katarak dan hernia), serta donor darah.
INFORMASI KEUANGAN
·       IKHTISAR KEUANGAN
Sumber :
*http://www.emtek.co.id

Rabu, 08 Januari 2014

Proposal penawaran jasa layanan


       I.            LATAR BELAKANG

Saat ini kebutuhan untuk informasi sangatlah penting untuk mendukung kehidupan masyarakat sekarang. Terutama dalam dunia bisnis, informasi sangat dibutuhkan dalam waktu yang cepat tetapi dapat menghasilkan informasi yang akurat. Ketinggalan informasi terutama untuk perusahaan-perusahaan akan mengakibatkan terhambatnya perkembangan perusahaan yang akan membuat perusahaan tersebut tertinggal dari perusahaan lain terutama yang bergerak dibidang yang sama. Untuk itu perusahaan selalu menyadari bahwa perlu adanya peng-upgrade-an system informasi dalam perusahaan. Maka kami, berencana untuk membangun sebuah jasa layanan pengembangan teknologi informasi yang melingkupi pengembangan System Informasi Manajemen dan Penyediaan Software. Pengembangan SIM sangat membantu manajemen perusahaan untuk pengambilan keputusan yang tepat untuk sebuah perusahaan agar dapat terus berkembang.

    II.            MAKSUD DAN TUJUAN

·         Maksud dan Tujuan jasa layanan ini adalah untuk membantu perusahaan untuk mengembangkan system yang dipakai oleh perusahaan agar dapat mengikuti perkembangan informasi pada jaman sekarang ini.
·         Membantu penyediaan software yang dibutuhkan untuk membantu pengelolaan data dan informasi
·         Menyediakan jasa layanan dengan harga murah tetapi dapat diandalkan untuk pengembangan system dan pembuatan software.

 III.            KEBUTUHAN SDM

·         Pengembangan System
1. Manajer Analis Sistem
2. Ketua Analis Sistem
3. Analis Sistem Senior  
4. Analis Sistem Junior
5. Pemrogram Aplikasi Senior 
6. Pemrogram Aplikasi Junior
·         Pembuatan Software
1.      Programmer  Database
2.      Programmer  Aplikasi
3.      Desain  Grafis
4.      Analis Software
5.      Network Engineer
6.      Security System
7.      Audit/ Pemeriksaan Bugs

 IV.            LAYANAN / SERVICE

·         Layanan yang ditawarkan dari jasa pengembangan system dan software ini meliputi :
1.      Perancangan System
Perancangan system yang dilakukan berdasarkan pada konsep yang diberikan oleh perusahaan yang sudah disepakati.
2.      Pengembangan dan Pemeliharaan System
Pengembangan system dilakukan dengan menggunakan beberapa tahap yang dianggap cocok dengan konsep yang telah disepakati dan kebutuhan perusahaan yang bersangkutan. Kemudian pemeliharaan system akan dilakukan apabila system yang baru tadi telah berhasil lulus dari tes dan masa percobaan.
3.      Pembuatan Software
4.      Costum Software

    V.            NAMA USAHA

Usaha yang dijalankan akan diberi nama  “System.net” yang diambil berdasarkan konsep pembuatan usaha.

 VI.            DEVELOPMENT AND COST

Perhitungan Biaya
Biaya untuk pengerjaan proyek ini adalah sebagai berikut:

Ø  Pengembangan System
Application Development
·            SIM Development    Rp. 17.500.000,-
Ø  Pembuatan Software
·            Pembuatan Software + Licensy      Rp 6.500.000,-
·            Jasa Pembuatan Website                 Rp 2.000.000,-
Biaya Maintenance Rp 2.000.000/tahun
  Biaya tersebut belum termasuk:
·             10% PPN
·             Biaya pembelian hardware dan instalasi hardware*
·             Biaya perjalanan, uang saku dan akomodasi luar kota*
* Jika diperlukan
Biaya tersebut sudah termasuk:
·             Biaya pengembangan website dan lisensi pengunaan tak terbatas
·             Dokumentasi.
·             Biaya perawatan dan garansi 1 tahun
·             Biaya Install dan Training 6 jam dan biaya kunjungan 6 kali selama 2 jam di tahun pertama

VII.            RENCANA KERJA

Pengerjaan SIM akan dikerjakan adalah 2 Bulan (8 Minggu) sejak penandatanganan kontrak. Dengan asumsi bahwa bahan yang diperlukan sudah tersedia dan perkiraan dengan dimasukkannya kesulitan-kesulitan yang tak terduga.
Sedangkan untuk pembuatan software kami menargetkan waktu yang diperkirakan sekitar 4 Minggu dimulai sejak penandatanganan kontrak dan dengan memasukkan perkiraan atas kesulitan-kesulitan yang tidak terduga

VIII.            PENUTUP
Demikian proposal penawaran ini kami sampaikan, dengan harapan dapat berguna untuk menunjang perkembangan perusahaan anda. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.



Kiat mengadapi sesi Wawancara di perusahaan yang diinginkan

Bagi seorang fresh graduate perlu banyak mencari informasi mengenai pekerjaan yang diinginkan serta tidak jarang juga dibutuhkan informasi mengenai test-test yang diselenggarakan adatau diadakan sebuah perusahaan untuk menerima karyawan baru. Seorang teman saya pernah membagikan pengalaman pertamanya saat melamar kerja dibeberapa perusahaan yang ia inginkan. Menurutnya hal yang paling sulit saat mencoba masuk disebuah perusahaan adalah test psikologi dan wawancara. Wawancara dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mengetahi karakter calon pegawai yang akan bekerja diperusahaan bersangkutan dan juga mengetahui sejauh mana kemampuan si calon pegawai untuk dapat membantu perkembangan perusahaan di posisi yang ia lamar. Dari beberapa pengalaman yang ia ceritakan kepada saya, saya menyimpulkan beberapa hal yang dapat dilakukan sebelum kita melakukan wawancara :

1.   Mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan
Ada baiknya kita mempersiapkan apa yang diperlukan untuk wawancara beberapa hari sebelumnya. Seperti apa yang akan dipakai, apa yang harus dibawa, dan lain-lain. Ini menandakan bahwa kita siap untuk menghadapinya. Jangan sampai mempersiapkannya dengan mendadak, seperti pagi harinya sebelum berangkat. Kita akan menjadi panic, dan takut bila ada yang terlupa, yang juga akan mengakibatkan perasaan tegang menghadapi wawancara tersebut.

2.   Berpenampilan menarik
Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa penampilan menjadi penilaian pertama yang dilakukan saat kita berjumpa dengan seseorang. Penampilan dapat menggambarkan karakter kita, sehingga penampilan yang menarik juga akan menggambarkan karakter kita yang kuat dan berbeda dengan yang lain. Berpenampilan menarik bukan berarti menarik perhatian dengan penampilan heboh atau tidak sesuai dengan keadaan. Berpenampilan menarik bukan hanya dinilai dari pakaian yang dikenakan, tetapi dari keadaan fisik dan gerak-gerik kita. Orang yang sehari-harinya bersih dan rapi sikapnya tentu akan berbeda dengan orang yang “serba dadakan”. Standarisasi “Penampilan Menarik” pastinya berbeda satu dengan yanglain, pihak perusahaan pun pasti memiliki standard tersendiri untuk menilai penampilan dari seseorang.

3.   Berdoalah sebelum memulai hari itu.
Doa sangatlah besar kekuatannya. Jangan hanya mulai berdoa pada saat memasuki ruangan wawancara saja, tapi mulailah berdoa di awal hari sebelum memulai semua aktifitas pada hari itu. Karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi terutama selama perjalanan kita menuju tempat wawancara.

4.   Jujur
Kejujuran diperlukan pada saat kita menghadapi wawancara atau sesi interview di sebuah perusahaan terutama perusahaan yang kita inginkan. Jujur mengenai kemampuan dan pengalaman yang pernah dialami. Teman saya mengatakan, saat itu dia akan diinterview dengan menggunakan bahasa inggris karena perusahaan tersebut bertaraf internasional , tetapi dia dengan jujur mengatakan bahwa dia tidak bias berbahasa inggris, si pewawancara tersebut sempat tersenyum dan akhirnya melanjutkan wawancara dengan menggunakan bahasa Indonesia.  Dapat dilihat, bahwa pada beberapa perusahaan internasional sangat dibutuhkan pegawai yang mampu berbahasa inggris dengan baik. Calon pegawai yang melamar dan mempunyai kemampuan tesebut pasti akan mendapat nilai plus dibandingkan dengan yang tidak. Tetapi teman saya hanya berusaha jujur dan mengatakan bahwa ia akan belajar. Sesi wawancara yang ia jalani berbeda dengan calon pegawai yang lain karena calon yang lain menyanggupi menggunakan bahasa inggris sedangkan ia tidak. Salah seorang calon pegawai diantara mereka akhirnya tidak lolos atau masuk ke tahap selanjutnya, sedangkan teman saya ini berhasil lolos dengan kejujurannya.

5.   Menjawab sesuai yang ditanyakan
Banyak sekali orang yang terkadang menjawab pertanyaan singkat dengan jawaban yang bertele-tele sehingga menyebabkan yang bertanya akan bingung bahkan tidak mengerti dengan jawaban yang diberikan, sehingga akhirnya tidak dapat menarik kesimpulan atau jawaban yang benar atas pertanyaan tersebut. Hal ini dapat berdampak buruk bila kita sedang diwawancara untuk sebuah perusahaan. Kita mungkin akan dianggap tidak paham dengan pertanyaan yang diajukan sehingga berputar-putar dalam memberikan jawaban.

6.   Mengenal perusahaan yang dituju.
Hampir seluruh sesi wawancara pada setiap perusahaan akan menanyakan “ Mengapa anda melamar di perusahaan kami?” .Menurut beberapa teman saya yang sudah bekerja di perusahaan yang mereka inginkan, pertanyaan tersebut diajukan untuk mengetahui seberapa jauh kita mengenal perusahaan tersebut. Kita tentunya tidak akan melamar diperusahaan tersebut bila kita tidak tahu tentang perusahaan tersebut. Lebih tahu lebih baik, karena itu akan menggambarkan betapa anda sudah mempunyai target dan rencana dengan melamar diperusahaan tersebut, yang berarti perusahaan tersebut akan mendapatkan pegawai dengan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan.


Itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan saat kita menghadapi sesi wawancara di perusahaan yang kita inginkan. Masih banyak hal yang mungkin harus dipersiapkan, tetapi secara garis besar kita perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya  sebelum menghadapi sesi wawancara, karena orang dapat langsung menilai karakter kita saat bertemu dengan kita. Carilah informasi dari teman-teman atau saudara mengenai dunia kerja,terutama saat pertama kali melamar pekerjaan.